POTENSI PEMANFAATAN ALKALOID UNTUK MAKHLUK HIDUP

Potensi Pemanfaatan Alkaloid untuk Makhluk Hidup
         Hasil gambar untuk Alkaloid
   Seperti yang telah dijelaskan dalam blog sebelumnya tentang senyawa alkaloid ini. Di blog ini sedikit akan mengulas tentang manfaat alkaloid untuk makhluk hidup. Dimana alkaloid ini sering sekali digunakan di dunia medis dan juga dapat berfungsi melindungi tumbuhan dari predator. Biasanya garam alkaloid dan alkaloid bebas ini dapat kita temui berupa senyawa yang berbentuk Kristal maupun padatan yang tidak berwarna. Tetapi tidak menutup kemungkinan kita dapat menemukan alkaloid dalam bentuk cairan yaitu bisa saja terletak pada konina, nikotina dan higrina. Alkaloid ini bersifat basa dan mengandung satu atau lebih atom nitrogen dan biasanya merupakan system siklik. Tetapi tidak semua senyawa heterosiklik yang mengadung nitrogen di alam itu termasuk senyawa alkaloid. Fungsi alkaloid sebagai berikut:

A.  Fungsi alkaloid bagi tumbuhan
·         Dapat melindungi diri dari serangan predator
·         Dapat menimbulkan rasa pahit pada jaringan
·         Dapat menghambat pertumbuhan jamur

B.  Fungsi alkaloid bagi dunia medis
·        Dapat menahan rasa sakit
Morfin sering digunakan dalam dunia medis dalam proses operasi sebagai penahan rasa sakit paska operasi. Tetapi morfin sering disalah gunaan dalm obat-obatan terlarang.
MORFIN 

KOKAIN
·         Dapat menenagkan syaraf dan menghambat rasa kantuk
Hasil gambar untuk kafein
KAFEIN
·         Dapat menstimulasi kerja syaraf 
NIKOTIN 
·         Dapat menahan rasa sakit dan sebagai obat batuk 
KODEIN 
·         Dapat dijadikan obat tete mata
ATROPIN
·         Dapat dijadikan bahan bioinsektisida
PIPERIN
·         Dapat dijadikan obat malaria 
QUININ
·         Dapat dijadikan sebagai anti bakteri
SAPONIN
·         Dapat dijadikan obat kanker
VINBLATIN
VINKKRISTIN
·         Dapat dijadikan sebagai racun yang kuat
STRIKHININ
·         Dapat dijadikan obat yang berefek halusinogen 
PSILOSIBIN
MESKALIN
·         Dapat dijadikan bahan aktif dalam rokok 
NIKOTIN 
·         Dapat mempengaruhi kontriksi pembuluh darah
EPEDRIN
·         Dapat digunkan sebagai analgesic dan antitusif 
MITRAGININ
·         Dapat digunakan sebagai analgesic pada migrain
ERGOTAMIN
·         Dapat digunakan sebagai obat ekresi 
RESERPIN
Permasalahan :
1)      Alkaloid ini mempunyai fungsi bagi tumbuhan yaitu melindungi tumbuhan terebut dari predator. Bagaimana peranan alkaloid ini sehingga dapat melindungi tumbuhan terebut? Dan bagaimana jika tumbuhan tidak terdapat alkaloid apakah ada senyawa lain yang akan melindungi tumbuhan dari serangan predator tersebut?
2)      Alkaloid ini dalam dunia medis dapat digunakan sebagai penahan rasa sakit. Biasanya dilingkungan kita sering mengatakan bahwa obat yang berdosis tinggi itu akan cepat bereaksi. Bagaimana dengan morfin yang digunakan dengan dosis yang tinggi dan apa yang sangat berpengaruh dalam tubuh manusia jika menggunakan morfin berdosis tinggi?
3)      Kafein mengandung alkaloid yang berfungsi untuk menenangkan syaraf dan menghilangkan rasa kantuk. Bagaimana proses dari kafein ke tubuh sehingga mempunyai fungsi berikut dan tidak semua orang mengatakan kafein dapat menghilangkan rasa kantuk mengapa hal terebut bisa terjadi?

Komentar

  1. (A1C117074)
    1. Alkaloid ini tidak hanya memiliki fungsi yang baik, namun juga memiliki fungsi yang cukup berbahaya. Yang mana terdapat alkaloid yang dapat meracuni atau berbahaya bagi suatu organisme. Hehingga tumbuhan memanfaatkan fungsi tadi untuk melindungi dirinya dari predator. Apabila di dalam tumbuhan tersebut tidak ada alkaloid, saya yakin ada zat lain didalam tumbuhan tersebut yang berfungsi sebagai pertahanan dari tumbuhan itu. Sehingga apababila tak ada alkaloid pada tumbuhan tertentu menurut saya tak mengapa.

    BalasHapus
  2. 2. Morfin merupakan anelgesik untuk menghilangkan rasa sakit. morfin ini bereaksi langsung pada saraf pusat untuk menghilangkan rasa sakit pada manusia. penggunaan morfin dalam dosis yang tinggi ini dapat membuat manusia menjadi hilang kesadaran, lesu, susah bernafas, dan ketergantungan obat ini.

    BalasHapus
  3. No. 3
    Bagaimana cara kerja kafein dalam tubuh kita Kafein yang dikonsumsi akan langsung diserap di usus lalu menuju ke aliran darah. Kemudian bergerak ke hati dan dipecah menjadi senyawa-senyawa yang memiliki efek bagi beberapa organ.

    Efek utama kafein terdapat pada otak. Kafein akan menghambat fungsi adenosin.

    Adenosin sendiri adalah neurotransmiter yang bertanggung jawab untuk meredam kerja sistem saraf pusat sebelum kita tidur.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI PEMANFAATAN TERPENOID UNTUK MAKHLUK HIDUP

LAPORAN PEMBUTAN SENYAWA ORGANIK ASAM PIKRAT

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA