Kimia Organik ll

REAKSI BERSAING SN2 DAN E2 

          Sebelumnya kita telah membahas tentang bagaimana reaksi bersaing antara SN1 dan E1. Maka dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit memaparkan tentang materi reaksi bersaing antara SN2 dan E2. Jadi faktor utama dari terjadinya Eliminasi maupun subsitusi itu akibat dari alkilhalida yang bereaksi dengan basa lewis. Dengan itulah kedua reaksi akan terjadi.
          Sebelumnya kita telah mengetahui bagaimana mekanisme dari masing-masing reaksi. Reaksi SN2 dan E2 merupakan reaksi dengan mekanisme 1 tahap. Dimana, tidak adanya pembentukan ion karbokation. Hingga dapat terjadi secara spontan.
            Faktor tepenting dalam reaksi ini adalah struktur alkil halida dan kebebasan anion. Reaksi subsitusi dapat berlangung dengan keadaan tertentu sedangkan reaksi eliminasi dapat terjadi akibat alkilhalida bereaksi dengan basa lemah. Pada reaksi bersaing antara reaksi SN2 dan E2 ini dapat kita simpulkan bahwa suatu reaksi alkilhalida dengan basa lemah cenderung menghasilkan reaksi subsitusi dan sebaliknya jika nukleofilik yang kita gunakan basa kuat akan menghasilkan reaksi eliminasi. 
permasalahan: 
1. Apa faktor utama yang menyebabkan reaksi SN2 dan E2 bersaing? 
2. Pada saat reaksi SN2 dan E2 bersaing, bagaimana cara kita menentukan reaksi yang dominan? 
3. Apa penyebabnya antara alkil halida dan nukleofilik bisa bereaksi secara spontan? 

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Assalamualikum,baik saya Widya aria ningsih akan membantu menjawab permasalahan saudari no 2,siapa pemenang dalam kedua reaksi tersebut?nah itu tergantung alkil halidanya,jika alkil halidanya primer maka pemenang adalah SN2 tetapi jika alkil halida primer ada halangan sterik maka basanya sulit menyerang karbon kiral maka pemenangnya adalah E2.Semoga membantu

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Warahamatullahi Wabarakatuh
    Saya Indah dengan nim RSA1C117005
    saya akan mencoba menyelesaikan permasalahan pertama anda. Jadi faktor utama yang menyebabkan reaksi SN2 dan E2 bersaing adalah akibat dari alkilhalida yang bereaksi dengan basa lewis.
    Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI PEMANFAATAN TERPENOID UNTUK MAKHLUK HIDUP

LAPORAN PEMBUTAN SENYAWA ORGANIK ASAM PIKRAT

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA