Kimia Organik ll

REAKSI BERSAING ANTARA SN1 DAN E1

          Sebelumnya kita sudah membahas tentang reaksi SN1 dan reaksi E1. kita kitahui bahwa raksi SN1 dan E1 memiliki kesamaan mekanisme reaksinya yaitu dilakukan dengan beberapa tahap dan dengan berbagai kriteria yang dapat melakukan reaksi SN1 dan E1. 
          sebelumnya saya dikit mengulang pemaparan dari blog sebelumnya tentang SN1 dan E1. Pada mekanisme reaksi SN1 dan E1 itu akan membentuk karbokation positif dan alkilhalidanya akan direaksikan dengan basa. Jad, alkilhalida yang direaksikan dengan basa kuat akna terjadi E1 sedangkan alkilhalida yang direaksikan dengan basa lemah akan terjadi SN1. sehingga  reaksi SN1 dan E1 telah beraksi dengan basanya sehingga jika ditambahkan air akan menghasilkan alkohol.
          Agar dapat berlangsungnya reaksi SN1 dan E1 ini yang akan menyebabkan tingkat struktur dengan substrat yang terjadi mengakibatkan kedua reaksi ini dapat dikatakan reaksi bersaing. Reaksi ini terjadi ketika antara nukleofilik reaksinya saling bertabrakan sehingga adanya persaingan pada saat basa bertabrakan dengan alkil halida sehingga menghasilkan reaksi SN1 membentuk alkohol dan reaksi E1 dapar membentuk Alkena. 
Itulah sedikit pemaparan meteri saya.

permasalahannya: 
1) Apa penyebab terjdinya reaksi bersaing antara SN1 dan E1? 
2) mengapa dapat dikatakan reaksi bersaing, sedangkan kedua reaksi mempunyai kesamaan pada mekanisme reaksinya?
3) pengaruh pada reaksi bersaing ini dapat dilihat pada tahap pertama atau kedua? 

Komentar

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh
    Saya Habib Wijaya dengan NIM RSA1C117007 akan menjawab permasalahn nomor 2
    Pada dasarnya reaksi SN1 dan E1 sama-sama menghasilkan produk sementara yang tidak stabil dan akan segera bereaksi untuk mencapai kestabilan yaitu karbokation, namun untuk mencapai kestabilan tersebut, karbokation mempunyai dua pilihan yang saling bersaing yaitu melakukan mekanisme reaksi SN1 ataupun reaksi E1, reaksi apa yg terjadi antinya akan di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti konsentrasi, temperatur dan lainnya.
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Saya Indah dengan nim RSA1C117005, saya akan mencoba menjawab permasalahan anda yang pertama. Menurut saya reaksi SN1 dan juga reaksi E1 ini dapat bersaing ketika antar nukleofilik reaksinya saling bertabrakan.
    Terimakasih
    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Semoga membantu

    BalasHapus
  3. Perkenalkan saya Hr. Yuniarccih dengan nim RSA1C117001, saya akan mencoba menjawab permasalahan saudari yang ketiga.
    Pengaruh reaksi bersaing dapat dilihat dari kedua tahap, pada tahap pertama dapat dilihat dari suhu. Apabila reaksi terjadi pada suhu kamar, cenderung terjadi reaksi bersaing. Namun apabila reaksi terjadi pada suhu tinggi, reaksi yang terjadi adalah eliminasi (E1).
    Pada tahap kedua, dilihat dari reaksi karbokation dengan nukleofil.
    Terima kasih. Semoga dapat membantu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI PEMANFAATAN TERPENOID UNTUK MAKHLUK HIDUP

LAPORAN PEMBUTAN SENYAWA ORGANIK ASAM PIKRAT

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA