POTENSI PEMANFAATAN FLAVONOID UNTUK MAKHLUK HIDUP


Potensi Pemanfaatan Flavonoid untuk Makhluk Hidup

Hasil gambar untuk tumbuhan yang mengandung flavonoid

Senyawa flavonoid yang memberikan keindahan pada bunga dan buah-buahan. Flavin akan memberikan warna kuning atau jingga, antodianin akan memberikan warna merah ungu atau biru yaitu semua warna dalam pelangi kecuali warna hijau. Secara biologis flavoid langsung bertindak membantu proses penyerbukan pada tumbuhan oleh serangga. Dengan adanya flavonoid itu mempunyai rasa pahit sehingga dapat menolak sejenis ulat tertentu.
Senyawa flavonoid telah saya jelaskan pada blog saya sebelumnya. Dimana diblog saya dijelaskan bahwa flavonoid digolongkan dengan beberapa macam flavonoid yaitu:
1.      Aglikon Flavonoid
2.      Flavonoid Glikosida
3.      Flavonoid Sulfat
4.      Biflavonoid
Dengan beberapa macam flavonoid ini yang banyak ditemukan disekitar kita, yaitu sebagai berikut:

1.      Rosella

Tanaman rosella merupakan tanaman yang beridentik dengan warna merah bunga rosella ini memiliki aktivitas antioksidan yang disebabkan oleh adanya gugus fenol didalamnya terdapat kandungan senyawa fenolik yang berupa flavonoid. Jenis flavon dan juga antosianin antosianin secara internal bagi tumbuhan rosella itu sendiri berperan sebagai pigmen atau pemberi warna pada bunga ini sedangkan peranan dari antosianin yang terdapat pada kelopak bunga rosella ini sebagai antioksidan yang baik.
Perindustrian makanan dan minuman yang mengandung antosianin yang berfungsi sebagai pewarna makanans. Digunakan pada baik susu minuman ringan minuman bubuk dan ada juga beberapa negara yang menggunakan antosianin sebagai pewarna kertas antosianin mempu diisolasi dari dalam tubuh.

Gambar struktur antosianin

Ekstrak dari rosella inj mengandung flavonoid.  Sehingga dapat berfungsi untuk mengobati kolesterol tinggi , hipertensi dan diabetes tipe 2.

2.      Apel
Buah apel merupakan buah yang terkandung flavonoid bernama quetcetin yang dapat mencegah penyakit jantung. Di dalam apel itu terdapat latin yang merupakan senyawa dalam perekonoid dimana golongan flavanol yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang besar 4 kali lebih ampuh dibandingkan antioksidan dari vitamin C. vitamin C Itu hanya memiliki aktivitas antioksidan sebesar 1 sedangkan flavonoid itu sebesar 4,7 ]kandungannya itu mempunyai potensi yang lebih tinggi.

Gambar struktur quercetin

Dari apel itu dia mempunyai secara umum atau keseluruhan dapat dimanfaatkan kandungan flavonoid. Didalam buahnya dimana manusia yang mampu mencegah terjadinya serangan jantung dan mencegah katarak maupun juga dapat menstabilkan asam lambung mampu mengendalikan yang diderita flavonoid yang ada pada apel itu berdominan pada kandungan yang sekitar 60-75% dari flavonoid Meskipun demikian masih ada potensi dalam apel yang dapat yang dapat diteliti.

3.      Sirsak
Sirsak sirsak adalah salah satu buah yang banyak terdapat pada daerah yang tropis. Sirsak juga mengandung antioksidan seperti fenol atau jenis dari flavonoid dan juga ada potensi umum ada vitamin C vitamin E kandungan ini dapat dikatakan berhasil untuk mengobati beberapa penyakit karena dia mengandung beberapa kandungan seperti yang diatas yang akan menyebabkan atau dapat mengobati penyakit seperti kanker dan hipertensi antioksidan yang ada pada sirsak itu juga dapat membantu untuk mengurangi radikal bebas meskipun sirsak ini dianggap baik tapi masih perlu diperhatikan untuk memastikan efek dari pengobatan dosisnya dan efek samping Penggunaan dari buah sirsak ini setelah dijadikan suplemen

4.      Kedelai
Keledai merupakan salah satu tumbuhan kacang-kacangan yang sering dan dapat diolah menjadi minuman berupa susu dan dapat dijadikan makanan berupa tempe dalam bentuk makanan lain ternyata kedelai Ini mengandung flavonoid Sama halnya seperti apel seperti sirsak, Anggur Merah namun jika dibandingkan biji kedelai dan olahannya yaitu tempe memiliki kandungan flavonoid yang berbeda di mana ternyata lebih besar kandungan flavonoid pada olahan kedelai berupa tempe dibandingkan dengan biji kedelai yang belum diolah kandungan yang terdapat dalam kedelai ini merupakan isoflavon na di mana itu mempunyai potensi sebagai anti antioksidan antitumor dan antikanker gimana dengan potensi tersebut kedelai ini dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan pada tubuh kita.
Gambar Struktur isoflavon

Isoflavon yang merupakan senyawa dari flavonoid yang dapat terkandung pada tumbuh-tumbuhan maupun sayur-sayuran misalnya pada kedelai tersebut tanaman ternyata kacang kedelai menjadi urutan pertama yang paling terbanyak di mana kandungan isoflavon pada kedelai berkisar dari 2-4 mg/g. Bagi tubuh kita dapat memanfaatkan sebagai pencegahan kanker payudara dan membantu mengurangi kadar gula darah mengurangi kolesterol dan membantu mengurangi gejala menopause.

5.      Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh merupakan buahan yang mempunyai kadar vitamin C yang tinggi, asam oksalat, tannin, asam amino, maupun flavonoid yang dapat dipercaya dapat mengobati bermacam penyakithi pertensi, kolesterol tinggi, diabetes dan kanker. Tetapi, jangan terlalu banyak menkonsumsi belimbing wuluh dikarenakan buh ini mengandung banyak asam oksalat yang dapat mengakibatkan batu ginjal  bahkan memperparah kondisi gagal ginjal.

6.      Kacang Kedelai
merupakan sumber dari flavonoid yang berkadar tinggi yang terdapat pada kadar kedelai. Ada beberapa penelitian yang telah menguji dan mendapatkan hasil bahwa kacang kedelai diduga dapat dimanfaatkan sebagai penjegah kanker payudara, membantu menurunkan kadar gula darah tinggi, membantu meredakan monopouse dan dapat mengurangi kolesterol. 

Permasalahan:
1.      Kedelai merupakan tumbuhan kacang-kacangan yang mengandung flavonoid yang tinggi. Di dalam blog saya telah dinyatakan bahwa kedelai pada tempe itu lebih besar potensi flavonoid nya dibandingkan dengan kedelai yang belum diolah. Apa yang menyebabkan kedelai pada tempe itu mempunyai potensi flavonoidnya tinggi dibandingkan dengan kedelai yang belum diolah?
2.      Di dalam bunga rosella ini terdapat dua jenis flavonoid yaitu flavanol dan antosianin. Di mana antosianin secara internal bagi tumbuhan itu sendiri dia berperan sebagai pigmen atau pemberi warna pada bunga tersebut dan peranan lainnya dari antosianin itu terdapat pada kelopak bunga rosella ini adalah sebagai antioksidan yang baik dan Bagaimana peranan flavanoid sehingga dapat menjadi obat yang berkhasiat?
3.      Sirsak mengandung flavonoid.  Antioksidan terdapat juga kedalam sirsak yang mana dapat berfungsi mengurangi radikal bebas. Bagaimana proses antioksidan yang ada pada sirsak dapat mengurangi radikal bebas ?

Komentar

  1. 1. menurut pendapat saya karena pada saat proses pengolahan pada produk kedelai sangat berpengaruh terhadap kandungan isoflavon .misalnya seperti tempe tadi dia kan produk kacang kedelai yang sudah diolah maka tingkat konsumsi nya itu lebih tinggi dari pada yang belum diolah karena pada proses perkecambahan dan fermentasi dapat meningkatkan kandungan isoflavon dibandingkan bijinya.

    BalasHapus
  2. 3. Menurut saya sirsak mengandung senyawa Flavonoid berupa antosianin yang bersifat antioksidan. Dimana antosianin ini termasuk kedalam anggota polifenol yang dapat melakukan mekanisme penagkapan radikal bebas melalui ikatan rangkap yang dimilikinya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. 2. Menurut saya peranan Flavonoid pada obat obatan itu sangatlah penting bagi kesehatan tubuh seperti Membantu penyerapan vitamin C dengan lebih baik pada tubuh,Mengatasi atau mengobati alergi, infeksi virus, arthritis, serta peradangan tertentu, memperbaiki sel yang rusak akibat terkena radikal bebas. Mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.
    Semoga membantu:)

    BalasHapus
  4. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI PEMANFAATAN TERPENOID UNTUK MAKHLUK HIDUP

LAPORAN PEMBUTAN SENYAWA ORGANIK ASAM PIKRAT

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA