POTENSI PEMANFAATAN STEROID UNTUK MAKHLUK HIDUP


Potensi Pemanfaatan Steroid untuk Makhluk Hidup
Hasil gambar untuk aneka ragam steroid
Steroid secara fungsinya, mereka juga dapat berkomunikasi lagi dalam berbagai jenis. Contohnya saja steroid jenis adrenal yang dihasilkan atau disekresikan oleh campuran adrenal. Dimana adrenal ini memiliki fungsi tersendiri Karena mereka menjalankan berbagai fungsi. Jika diminta sebelumnya bahwasannya steroid ini sering dikait-kaitkan dengan atlet, karena steroid mampu menunjang pengembangan atlet karena mampu mendorong pertumbuhan otot untuk membesarkan otot. Secara umum, steroid dalam bentuk obat bekerja dalam tubuh manusia dengan cara peniruan atau yang mengalihtikan sifat-sifat alami dari hormon testoteron saat kita mengonsumsi obat steroid. Senyawa steroid ini juga dapat kita temuin pada tumbuhan sebagai berikut:
1.      Daun pengangga
Hasil gambar untuk daun pegagan
Daun pegagan merupakan salah satu komposisi yang mengandung steroid, tumbuh pembohong dan memiliki pertumbuhan yang baik tentang tanaman obat. Manfaat dari daun pegegan itu sendiri dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain:
a)      Sebagai anti lepra dan anti lupa
b)      Menurunkan tekanan darah
c)      Menurunkan depresi, mencegah varises, dan memperlancar airseni.
d)     Mengatasi gangguan pencernaan
e)      Mengatasi wasir dan konstipasi
f)       Menyembuhkan flu dan sinusitis
g)      Membangkitkan fungsi sistem saraf pada otak.

2.      Daun Mahkota Dewa
Hasil gambar untuk mahkota dewa
Buah mahkota dewa selain terbuat dari hiasan rumah, juga merupakan salah satu tanaman obat yang mengandung steroid. Manfaat dari buah mahkota dewa adalah: dapat menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah penurunan sel kanker rahim, aktivitas anti oksidan, anti radang dan anti hiperrurisemia.

3.      Daun Papaya
Hasil gambar untuk daun pepaya
Didalam daun pepaya yang biasa sehari-hari kita konsumsi, ada satu yang kaya akan manfaat yang salah satunya steroid. Daun pepaya tidak hanya bisa digunakan sebagai sayuran tetapi juga bisa digunakan sebagai obat. Daun pepaya juga banyak mengandung mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, tembaga, zat besi, zink, dan mangan. Daun pepaya dapat digunakan sebagai obat beri-beri, malaria, kejang perut, penurun panas dan penambah nafsu makan.

Poteni pemanfaatan senyawa steroid untuk makhluk hidup:
1)      Sterol
Jenis sterol yang mendukung disini adalah fitosterol, sedangkan fitosterol ini dapat mengurangi kadar kolesterol tubuh dan juga mengatasi kondisi diabetes. Dimana ia bekerja dengan cara mencegah pelacakan kolesterol yang terjadi di usus. Dari berbagai penelitian tentang sterol ini adalah benar-benar potensi yang baik dalam pengontrolan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, jadi hal ini akan mencega.
2)      Asam Empedu
Asam empedu yang lebih disukai dapat membantu penting di sini adalah asam kolat dan juga asam deoksikolat yang dapat meningkatkan sekresi empedu dan biasa disebut dengan zat koleretik. Asam empedu lebih memperbanyak sifat koleretik ini bila dibandingkan dengan garam empedunya. Diantara semua jenis asam empedu yang ada, asam dehidrokolat (sebuah kolat semisintetik) aktif di dalam zat empedu dengan berat molekulnya yang rendah sehingga dinamai zat hidrokoleretik.
3)      Hormone seks
Hormon seks yang ada pada pria yaitu Androgen dan pada wanita adalah Estrogen, dimana merupakan hormon seks yang utama. Bagi pria, hormon seks testoteron adalah kepala androgen (kepala, paling utama dari androgen). Dimana testoteron ini dieksresi oleh testis yang penting dalam fungsi penggantian pria yang seperti mendorong seks dan juga kesuburan. Keberadaan hormon androgen pada pria ini sangat mempengaruhi karena hormon yang terbentuk khas atau karakteristik dari laki-laki seperti perkembangan otot, suara menjadi berat, rabut di dada, wajah dan ketiak.
Bagi wanita, hormon utama yang diaktifkan di sini adalah estrogen dan estradiol yang disekresi di ovarium. Hormon ini memiliki fungsi yang sama dengan androgen yaitu memberikan karakteristik pada wanita, mengatur siklus menstruasi, mengendalikan jantung, otot, tulang dan sistem reproduksi serta seksi dalam kondisi sehat. Ada lagi yang disebut progestogen, ini fungsinya beda dengan hormon androgen dan estrogen. Dimana dari progestogen ini adalah hormon yang kita kenal dengan progetseron yang biasa disebut dengan hormon seks wanita.
4)      Hormone Andrenokortikoid
(a) Kortisol (Hidrokortisol)
Kortisol ini termasuk ke dalam glukokortikoid yang mengandung protein, lemak, dan gula. Hormon kortisol ini disebut juga dengan hormon stres karena stres fisik atau psikologis, semakin meningkat akan mampu mengatasi stres. kortisol ini juga dapat kadar gula darah. Namun jika dalam jumlah besar, akan merusak sistem kekebalan tubuh.
(B) Kortikosteron
Hormon ini juga termasuk dalam protein glukokortikoid yang berfungsi dalam sintesis donor degradasi. Dimana hormon ini berperan dalam mengubah asam amino menjadi karbohidrat (sumber utama tubuh) dan juga menolong hati dalam mengeluarkan simpanan glikogen dalam tubuh dan digunakan untuk energi.
(c) Aldoseteron
Hormon ini termasuk dalam mineralokortikoid yang mendukung dalam membantu darah, mengontrol kadar natrium dan kalium di tuuh. Dimana nanti hormon ini akan mendorong ginjal untuk menyerap kembali natrium dan kalium, serta mengatur kadar elektrolit serta distribusi cairan.
5)      Aglikon kardiak
Tumbuhan yang mengandung senyawa ini biasanya digunakan sebagai racun sejak dulu. Senyawa ini dalam tumbuhan berfungsi sebagai pelindung tumbuhan dari serangan serangga (efek perlindungan). Senyawa ini terdapat pada tanaman Digitalis lanata dan lain sebagainya.
6)      Sapogenin
Dimana tanaman yang terdapat steroid dan kandungannya digunakan untuk mengobati sakit (anti nyeri) dan rematik. Bagi manusia, manfaat lain bisa sebagai antiseptik (sapogenin dalam lidah buaya), membuang kolesterol di usus besar sebelum diserap dalam aliran darah (di dalam tumbuhan polong-polongan), serta mengikat kolesterol dalam darah (dalam kelabat). Contoh tanaman yang mengandung sapogenin adalah Digitalis purpurea.

Permasalahan
1.      Jika kita lihat dari segi srukturnya baik vitamin D2 dan Vitamin D3 mempunyai struktur yang tidak jauh berbeda hanya berbeda pada pelepasan cabang metil. Bagaimana manfaat yang membedakan antara vitamin D2
 dan vitamin D3 jika dilihat berdasarkan factor pelepaan cabang metil?
2.      Tumbuhan yang mengandung senyawa aglikon kardiak biasanya mengandung racun. racun yang bagaimanakah yang terdapat pada tumbuhan terebut dan bagaimana agar racun terebut dapat digunakan sebagai senyawa yang bermanfaat bagi kehidupan?
3.      Pada hormon seks pada lelaki adalah androgen dan pada wanita adalah esterogen. bagaimana dengan seeorang yang mempunyai kodrat lelaki tetapi kewanita-wanitaan pastinya pada hormonya akan meningkatnya hormon esterogen. apakah yang mempengaruhi hal terebut bisa terjadi dan bagaimana jika seeorang yang telah menjadi seperti yang diatas untuk kembali ke kodratnya. adakah peran dan potensi dari senyawa steroid pada saat perubannya?

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. 2. Racun pada tumbuhan senyawa aglikon kardiak ini tidak bisa dimanfaatkan bagi manusia tetapi bisa dimanfaatkan untuk tumbuhan itu sendiri. Dimana yang kita tahu bahwa racun yang berada pada tumbuhan itu berfungsi untuk melindung tumbuhan dari beberapa serangan atau hama yang mengganggu tumbuhan tersebut.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. 1. Menurut saya iya perbedaan ada ada cabang pelepasan metilnua dmna pada Vitamin D2 itu terdapat rangkap ada metilnya sdnggan ketika di vitamin D3 terjadi pelepasan sehingga tdk ada lagi rangkap pada cabang metilnya.
    Sehingga vitamin D3 bersama-sama dengan Kalsium dapat mengurangi risiko patah tulang pada pasien geriatri sedabgkan pada vitamin D2 memiliki manfaat pada pemeliharaan tingkat kalsium dan fosfor dalam tubuh.
    Semoga membantu:)

    BalasHapus
  5. 3. Menurut saya jika seorang lelaki memiliki sifat kewanitaan maka didalam tubuhnya memiliki hormon progesteron yang berlebih. Jadi apabila lelaki tersebut ingin merubah koadrat dirinya menjadi lelaki seperti biasanya maka hormon progesteron dalam tubuhnya tersebut harua dikurangi sehingga hormon yg dominan adalah hormon testoteron sehingga dengan dominannya hormon testoteron didalam tubuhnya yang akan membuat sifat dan ciri prianya muncul. Dengan demikiam dapat disimpulkan bahwa steroid berpengaruh didalamnya yaitu turunan steroid jenis hormon kelamin.

    BalasHapus
  6. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI PEMANFAATAN TERPENOID UNTUK MAKHLUK HIDUP

LAPORAN PEMBUTAN SENYAWA ORGANIK ASAM PIKRAT

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA