KIMIA BAHAN ALAM ETNOBOTANI



ETNOBOTANI : Pemanfaatan Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia) Sebagai Senyawa Bahan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari


Ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungan sering disebut dengan ETNOBOTANI. Etnobotani ini pula dapat dimanfaatkan sebagai sumber sandang, pangan dan sebagainya untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia saat menjalankan kehidupan. Disini saya akan sedikit mengulas tentang pemanfaatan bawang dayak dalam kehidupan sehari-hari. 

Bawang dayak berasal dari pulau kalimatan yaitu dari suku dayak. Bawang ini sudah lama dibudidayakan di pulau kalimantan sebagai umbi-umbian yang bermanfaat bagi kesehatan sebagai obat tradisional. Bawang dayak mengandung zat kimia alami seperti alkaloid, steroid, flavonoid, glikosida, tanin, felolik dan ada beberapa zat lain yang baik bagi kesehatan.
No
Bahan Kimia
1
Alkaloid
2
Steroid
3
Flavonoid
4
Glikosida
5
Tanin
6
Felolik

Alkaloid merupakan senyawa basa yang mengandung nitrogen yang terdapat banyak heterosiklik dan terdapat tetumbuhan.

Steroid merupakan senyawa organik yang mana senyawa organik lemak sterol tidak terhidrolisis sehingga yang didapat dari hasil reaksi yang diturunkan dari terpena atau skualena.

Flavonoid merupakan senyawa karbon yang mempunyai 15 atom karbon yang umumnya tersebar di dalam tumbuhan.

Glikosida merupakan suatu zat kompleks yang mengandung gula yang terdapat didalam tumbuhan. Glikosida ini terbentuk akibat eliminasi air antara hidroksil anomerik dan monosakarida siklik dan gugus hidroksil dari senyawa lain.

Tanin merupakan senyawa polifenol yang ada di dalam tumbuhan, tanin tersebut berasa pahit dan kelat yang beraksi dengan mengumpalkan protein.

Felolik merupakan cicin aromatik satu ataulebih gugus hidroksi dan gugus lain yang menyertainnya. Baik untuk kehidupan manusia.

Manfaat dari bawang dayak
a)    Anti kanker
b)    Mengontrol tekanan darah
c)    Mengobati batu ginjal
d)   Menurunkan kadar gula darah
e)    Mencegah jantung koroner
f)     Agen antiinflamasi
g)    Menangkal radikal bebas
h)    Perawatan kulit
i)      Meningkatkan metabolisme
j)      Bagus untuk sistem produksi wanita

Permasalahan :
1)      Jika kita mempunyai alergi dengan bawang, apakah kita bisa mengkonsumsi bawang dayak dan apa perbedaan bawang dayak dengan bawang biasa?
2)      Bagaimana cara membudidayakan bawang dayak tersebut sehingga bawang dayak dapat ditanam di daerah sumatra atau daerah lain?
3)      Apa yang akan terjadi jika penggunaan bawang dayak tidak sesuai dengan takaran pengobatan alternatif?
4)      Apa perbedaan kandungan bawang dayak yang di haluskan dengan yang dikonsumsi langsung?

Komentar

  1. Assalamualaikum Warahamatullahi Wabarakatuh
    Saya Indah dengan nim RSA1C117005 dari kelas REGULER MANDIRI
    Saya akan mencoba menyelesaikan permasalahan anda no.4
    Menurut saya khasiatnya tidak berbeda, hanya mungkin sedikit berkurang jika dibuat bubuk terlebih dahulu apalagi jika diseduhnya di lain hari. Karena pasti lebih segar yang langsung diseduh dengan air mendidih.
    Semoga membantu
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Selamat sore. Saya Hr. Yuniarccih dengan nim RSA1C117001 dari kelas Reg Mandiri
    Saya akan mencoba menjawab permasalahan saudari Misna yang pertama
    Perbedaan bawang dayak dan bawang biasa dapat dilihat dari bentuk daun dan unbi bawangnya. Bawang dayang umbinya lebih merah dan lebih licin.
    Selain itu juga memiliki manfaat yang berbeda. Bawang merah biasa digunakan untuk obat masuk angin dan obat demam, sedangkan bawang dayang digunakan sebagai obat diabeter, anti kanker, anti radiasi, dan banyak lagi. Hal ini karena umbi dari Bawang Dayak mengandung banyak senyawa - senyawa fitokimia. Senyawa itu di antaranya adalah alkaloid, fenolik, streorid, glikosida, tanin, dan flanoid.
    Semoga dapat membantu
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Saya Agustri manda sari (A1C117035) akan mencoba menjawab pertanyaan no 2 yaitu cara membudidayakan tanaman bawang dayak di sumatera. Yaitu dengan cara menanam dipot bunga dan melakukan penyiraman rutin sesuai kebutuhan tanaman itu. Sehingga meski tidak di kalimantan tanaman bawang dayak dapat bertahan hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI PEMANFAATAN TERPENOID UNTUK MAKHLUK HIDUP

LAPORAN PEMBUTAN SENYAWA ORGANIK ASAM PIKRAT

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA