Kimia Organik ll


Reaksi Subsitusi Nukleofilik  SN2

         Reaksi SN2 juga dapat disebut dengan Subsitusi monomolekuler.  Reaksi ini dapat berlangsung dengan setu-tahap dan dapat dilakukan secara spontan. Mengapa suatu nukleofilik dapat menumbuk suatu alkil halida dengan begitu cepat dan membentuk ikatan baru dan melepaskan ikatan lama. contohnya SP2 yang terbentuk akibat terlepasnya SP3. jika ikatan tidak jenuh akan dapat mengubah SP2 menjadi SP. 
Faktor terjadinya kespontannan pada reaksi SN2 antara lain:
1)  Energi Aktivasi : semakin tinggi, Laju semakin lambat.
     Energi Aktivasi : semakin rendah, laju semakin cepat. 
     kedua jenis energi aktivasi ini dapat menghasilkan produk 
2)  Pengandaian sterik dengan halang ringtang (substrat) membuat terhambatnya pembuatan produk. 
3)  Nukleofilik terkuat dapat mempengaruhi.
laju reaksi dapat dipengaruhi oleh substrat dan nukleofilik. karena kedua laju reaksi tersebut mempunyai reaksi yang sama. sehingga saling membutuhkan sehingga dapat menyerang alkil halida.

Permasalahan : 
1. Pada saat reaksi SN2 kita harus memerhatikan substrat R-L karena gugus R dapat mempengaruhi jalannya suatu reaksi. Mangapa Gugus R tersier terjadi keterlambatan pada saat melakukan mekanisme SN2?
2. Bagaimana dengan pendapat bahwa subsitusi nukleofilik dapat dengan mudah di subsitusikan dengan Alkil halida. Apa alasannya dan mengapa tidak dengan alkil yang lain?
3. Bagaimana Reaksi SN2 dapat laju dangan cepat oleh alkil halida primer dari pada metil halida? 

sumber : 
Fassenden,Ralph J.,1986,kimia organik. Jakarta: Erlangga 
https//id.m.wikipedia.org/wiki/subsitusi_nukleofilik

Komentar

  1. Assalamu'alaikum warohmatullah wabarakatuh perkenalkan nama saya Putri Iga Noviyanti Nim RSA1C117002 saya akan membantu menjawab permasalahan nomor 1 yang mana jawaban saya adalah : karena Gugus R sekunder mempunyai kecepatan pertengahan. Alasan untuk urutan ini adalah adanya efek rintangan sterik. Rintangan sterik gugus R meningkat dari metil < primer < sekunder < tersier. Jadi kecenderungan reaksi SN2 terjadi pada alkil halida adalah: metil > primer > sekunder >> tersier.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatu.
    Nama saya idkhom kholid dengan nim RSA1C117015
    saya akan mencoba menjawab permasalahan saudari misna no 1
    Menurut beberapa literatur yang saya baca, partisipasi gugus tetangga dalam reaksi nukleofilik adalah dapat mempengaruhi kecepatan reaksi. Jika suatu gugus tetangga mempengaruhi reaksi melalui suatu jalan yang menyebabkan peningkatan kecepatan reaksi, maka gugus tetangga tersebut dikatakan sebagai “anchimeric assistance”. Peningkatan kecepatan reaksi dengan adanya partisipasi gugus tetangga diketahui dengan membandingkan laju reaksi suatu senyawa yang memiliki gugus tetangga dengan reaksi yang sama pada senyawa analog yang tidak memiliki gugus tetangga

    BalasHapus
  3. selamat pagi saya wulan sari bakara dengan nim RSAC117008 akan membantu menjawab permasalhan KE 3 dari saudara misna
    Reaksi Substitusi Nukleofilik (SN)

    Suatu nukleofil (Z:) menyerang alkil halida pada atom karbon hibrida-sp3 yang mengikat halogen (X), menyebabkan terusirnya halogen oleh nukleofil. Halogen yang terusir disebut gugus pergi. Nukleofil harus mengandung pasangan elektron bebas yang digunakan untuk membentuk ikatan baru dengan karbon. Hal ini memungkinkan gugus pergi terlepas dengan membawa pasangan elektron yang tadinya sebagai elektron ikatan. Ada dua persamaan umum yang dapat dituliskan:

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI PEMANFAATAN TERPENOID UNTUK MAKHLUK HIDUP

LAPORAN PEMBUTAN SENYAWA ORGANIK ASAM PIKRAT

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA