Kimia Organik II

Reaksi Eliminasi E1

Berkas:E1-eliminationNash2008.svg


    Reaksi eliminasi terbagi menjadi dua antara lain reaksi eliminasi E2 dan reaksi eliminasi E1. Sebelumnya kita sudah membahas tentang reaksi eliminasi E2 dimana reaksi tersebut dilakukan dengan mekanisme 1 tahap sedang reaksi eliminasi E1 itu mekanismenya 2 tahap. Reaksi Eliminasi E1 ini dapat disebut juga dengan Eliminasi Unimolekuler. 
       Mekanisme dari reaksi eliminasi E1 dapat diselesaikan dengan 2 langkah atau dua tahap. Dimana diantaranya adalah :
- Ionisasi : pada mekanisme reaksi eliminasi E1 ini ikatan karbon -halogen putus, akibat terputusnya ikatan terebut dapat menghasilkan zat Karbokation. 
- Deprotanasi karbokation 
       Alkil halida tersier pada umumnya sering dilakukan dengan mekanisme reaksi E1. Tetapi tidak menutup kemungkinan dapat dilakukan pada Alkil halidah sekunder. Pada reaksi E1 ini konsentrasi alkil halida pada saat pembentukan karbokation itu sangat mempengaruhi pada laju reaksi eliminasi E1 ini. Nah, karena peristiwa itu dapat menghambat atau tahap paling lambat pada saat menentukan laju reaksinya. Pada reaksi E1 (unimolekuler) berlakunya kinetika orse pertama. 
       Reaksi ini biasanya dilakukan karena ketidak adanya basa. walaupun ada basa itu pun hanya basa lemah. Kebanyakan pada reaksi E1 ini dalam keadaan asam dan suhu yang tinggi. Pada reaksi SN1 ada kemiripan dengan  reaksi E1 dimana pada mekanismenya ada pembentukan karbokation. 

Permasalahan :
1. Apakah mekanisme antara SN1 dan E1 itu sama, apa yang melatar belakangi SN1 dan E1 itu sama?
2. Apakah Reaksi E1 dapat dilakukan dengan Alkil halida primer?
3. Bagaimana cara membedakan antara E1 dan E2, agar mudah untuk kuta pahami?

Komentar

  1. Assalamualaikum Warahamatullahi Wabarakatuh Saya indah dengan nim RSA1C117005. Saya akan mencoba menjawab permasalahan anda yang terakhir tentang cara membedakan E1 dan E2. Menurut saya E1 terjadi dengan 2 tahap sama seperti SN1, dan pada E1 ini karbokation dapat memberikan sebuah proton kepada suatu basa dalam reaksi eliminasi. Sedangkan E2 hanya terjadi dengan satu tahap seperti SN2, dan pada E2 ini membutuhkan kalor dengan menggunakan basa kuat.
    Terimakasih
    Semoga membantu

    BalasHapus
  2. Terimakasih artikel anda sangat bermanfaat, saya akan mencoba menjawab pertanyaan pertama, yaitu apa yang melatarbelakangi SN1 dan E1 itu sama? Karena reaksi E1 dan SN1 berlangsung pada kondisi yang sama seperti menggunakan pelarut polar, menggunakan basa yang sangat lemah, dan sebagainya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI PEMANFAATAN TERPENOID UNTUK MAKHLUK HIDUP

LAPORAN PEMBUTAN SENYAWA ORGANIK ASAM PIKRAT

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA