kajian Pustaka

 

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

BERBANTUAN ZOOM DAN WHATSAPP SERTA KORELASINYA

TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI 

HIDROKARBON SMAS ADHYAKSA 1

KOTA JAMBI


Latar Belakang Masalah

Kimia sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan dijenjang pendidikan formal yang memegang peranan penting, karena kimia merupakan sarana berpikir ilmiah yang sangat mendukung dan bermanfaat dalam mempelajari interaksi dan proses yang berlangsung pada makhluk hidup. Realisasi pentingnya pelajaran kimia diajarkan pada peserta didik, tercermin pada kimia sebagai salah satu ilmu dasar yang sangat penting  di jenjang pendidikan. Kualitas pendidikan kimia sudah seharusnya ditingkatkan serta dapat menjadikan kimia sebagai mata pelajaran yang menarik bagi siswa.

Pentingnya pelajaran kimia, maka diperlukan perhatian yang lebih dalam, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia. Upaya dalam rangka meningkatkan kualitas tersebut, maka guru diharapkan dapat menerapkan model ataupun strategi pembelajaran yang efektif dan dapat meningkatkan minat siswa dalam kegiatan belajar, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Pendidikan dapat dicapai melalui proses belajar, baik di lingkungan sekolah  maupun di luar lingkungan sekolah. Belajar merupakan kegiatan yang berproses dan  merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Upaya pengembangan sumber daya manusia tidak bisa lepas dari proses penyelenggaraan pendidikan. Keberhasilan pendidikan dapat dicapai bila didukung oleh kurikulum yang bermutu, materi pendidikan yang berbobot dan berdaya guna, tenaga pendidik yang profesional, lingkungan masyarakat yang turut berperan dan tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang.

Terdapat berbagai macam model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa. Salah satu model yang dianggap sesuai untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Dalam Rusman (2014), pembelajaran kontekstual sebagai suatu model, memberikan fasilitas kegiatan belajar siswa untuk mencari, mengolah, dan menemukan pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret (terkait dengan kehidupan nyata).

Materi hidrokarbon merupakan salah satu materi pelajaran kimia dimana banyak berisi penekanan konsep, teori dan fakta-fakta. Dengan mengunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), diharapkan tidak hanya dihafal oleh siswa, tetapi dapat dipahami dengan mencari sendiri konsep dasar dari teori- teori yang membangun.

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia kelas XI IPA di SMAS Adhyaksa 1 Kota Jambi yang terlampir diketahui bahwa banyaknya siswa yang belum mencapai KKM dan juga materi hidrokarbon bersifat konseptual sehingga tidak terlalu dapat dipahami oleh para siswa, maka dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) ini siswa diarahkan dari hal yang abstrak tersebut ke arah kontekstual sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh siswa. Dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 ini, maka kegiatan pembelajaran dilakukan secara online melalui aplikasi berbantuan zoom dan whatsapp.

Rumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang, maka dirumuskan masalah dalam penelitian adalah: 

1. Bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi Hidrokarbon di SMAS Adhyaksa 1 Kota Jambi?

2. Bagaimana pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi hidrokarbon terhadap hasil belajar siswa SMAS Adhyaksa 1 kota Jambi?

Penelitian yang Relevan 

    Penelitian yang relevan yang berkaitan dengan judul yang diangkat dalam penelitian ini mengenai penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), antara lain: Asmaningrum (2019) tentang Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbantuan TTS terhadap Hasil Belajar Kimia ditinjau berdasarkan hasil yang diperoleh dengan uji hipotesis sampel t-tes yaitu data thitung > ttabel (7,27 > 1,78229) menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran CTL berbantu Teka-Teki Silang (TTS) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.

    Rosliana (2020) tentang Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 2 Subang dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Redoks dan Elektrokimia Tahun Pelajaran 2015/2016. Ditinjau berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui model dengan pendekatan kontekstual (CTL), hasil belajar siswa kelas XII.IPA2 SMA Negeri 2 Subang dalam pelajaran Reaksi Redoks dapat ditingkatkan dan melalui model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) maka aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan. 

    Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. 

Hipotesis Penelitian 

    Berdasarkan kerangka berfikir diatas, maka hipotesis dalam penelitian ini secara operasional dirumuskan : “ model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) baik terhadap hasil belajar pada materi hidrokarbon berbantu aplikasi Zoom dan Whatsapp”

Komentar

  1. Selamat sore, saya Oktora sihalo dengan nim RSA1C117010, saya ingin bertanya kepada saudari Misna. Mengapa Anda lebih memilih model pembalajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan keaktifan siswa?Terimakasih

    BalasHapus
  2. Selamat sore, saya Oktora sihalo dengan nim RSA1C117010, saya ingin bertanya kepada saudari Misna. Mengapa Anda lebih memilih model pembalajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan keaktifan siswa?Terimakasih

    BalasHapus
  3. baik saudara oktora saya akan mencoba menjawab pertanyaan saudara mengenai mengapa saya memilih model contextual teaching and learning sebagai meningkatkan keaktifan. dimana dalam model ini terdapat kegiatan berdiskusi dan observasi dimana dengan kedua hal ini membuat siswa menjadi aktif dan daya keingintahuannya akan lebih meningkat, sehingga motivasi belajarpun akan selaras dengan hal tersebut. mungkin itulah alasan saya mengambil model CTL tersebut. terimakasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI PEMANFAATAN TERPENOID UNTUK MAKHLUK HIDUP

LAPORAN PEMBUTAN SENYAWA ORGANIK ASAM PIKRAT

KIMIA BAHAN ALAM UNTUK MAKANAN, MINUMAN DAN PENYEDAP RASA