kajian Pustaka
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
BERBANTUAN ZOOM DAN WHATSAPP SERTA KORELASINYA
TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI
HIDROKARBON SMAS ADHYAKSA 1
KOTA JAMBI
Latar Belakang Masalah
Kimia
sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan dijenjang pendidikan formal
yang memegang peranan penting, karena kimia merupakan sarana berpikir ilmiah
yang sangat mendukung dan bermanfaat
dalam mempelajari interaksi dan proses yang berlangsung pada makhluk hidup.
Realisasi pentingnya pelajaran kimia diajarkan pada peserta didik, tercermin
pada kimia sebagai salah satu ilmu dasar yang sangat penting di jenjang pendidikan. Kualitas pendidikan kimia sudah seharusnya ditingkatkan serta
dapat menjadikan kimia sebagai mata pelajaran yang menarik bagi siswa.
Pentingnya
pelajaran kimia, maka diperlukan perhatian yang lebih dalam, untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran kimia. Upaya dalam rangka meningkatkan kualitas
tersebut, maka guru diharapkan
dapat menerapkan model ataupun strategi pembelajaran yang efektif dan dapat
meningkatkan minat siswa dalam kegiatan belajar, sehingga berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Pendidikan dapat dicapai melalui
proses belajar, baik di lingkungan sekolah
maupun di luar lingkungan sekolah. Belajar merupakan kegiatan yang
berproses dan merupakan unsur yang
sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan.
Upaya pengembangan sumber daya manusia tidak bisa lepas dari proses
penyelenggaraan pendidikan. Keberhasilan pendidikan dapat dicapai bila didukung
oleh kurikulum yang bermutu, materi pendidikan yang berbobot dan berdaya guna, tenaga
pendidik yang profesional, lingkungan masyarakat yang turut berperan dan
tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang.
Terdapat berbagai macam model
pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan pelajaran kepada
siswa. Salah satu model yang dianggap sesuai untuk mengatasi masalah tersebut
adalah dengan menggunakan model Contextual
Teaching and Learning (CTL). Dalam Rusman (2014), pembelajaran kontekstual
sebagai suatu model, memberikan fasilitas kegiatan belajar siswa untuk mencari,
mengolah, dan menemukan pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret (terkait
dengan kehidupan nyata).
Materi hidrokarbon merupakan salah
satu materi pelajaran kimia dimana banyak berisi penekanan konsep, teori dan
fakta-fakta. Dengan mengunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), diharapkan tidak hanya
dihafal oleh siswa, tetapi dapat dipahami dengan mencari sendiri konsep dasar
dari teori- teori yang membangun.
Berdasarkan hasil wawancara dengan
guru bidang studi kimia kelas XI IPA di SMAS Adhyaksa 1 Kota Jambi yang
terlampir diketahui bahwa banyaknya siswa yang belum mencapai KKM dan juga
materi hidrokarbon bersifat konseptual sehingga tidak terlalu dapat dipahami
oleh para siswa, maka dengan model Contextual
Teaching and Learning (CTL) ini siswa diarahkan dari hal yang abstrak
tersebut ke arah kontekstual sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh siswa.
Dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 ini, maka
kegiatan pembelajaran dilakukan secara online melalui aplikasi berbantuan zoom dan whatsapp.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka dirumuskan masalah dalam penelitian adalah:
1. Bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi Hidrokarbon di SMAS Adhyaksa 1 Kota Jambi?
2. Bagaimana pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi hidrokarbon terhadap hasil belajar siswa SMAS Adhyaksa 1 kota Jambi?
Penelitian yang Relevan
Penelitian yang relevan yang berkaitan dengan judul yang diangkat dalam penelitian ini mengenai penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), antara lain: Asmaningrum (2019) tentang Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbantuan TTS terhadap Hasil Belajar Kimia ditinjau berdasarkan hasil yang diperoleh dengan uji hipotesis sampel t-tes yaitu data thitung > ttabel (7,27 > 1,78229) menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran CTL berbantu Teka-Teki Silang (TTS) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.
Rosliana (2020) tentang Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 2 Subang dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Redoks dan Elektrokimia Tahun Pelajaran 2015/2016. Ditinjau berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui model dengan pendekatan kontekstual (CTL), hasil belajar siswa kelas XII.IPA2 SMA Negeri 2 Subang dalam pelajaran Reaksi Redoks dapat ditingkatkan dan melalui model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) maka aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan.
Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Hipotesis Penelitian
Berdasarkan kerangka berfikir diatas, maka hipotesis dalam penelitian ini secara operasional dirumuskan : “ model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) baik terhadap hasil belajar pada materi hidrokarbon berbantu aplikasi Zoom dan Whatsapp”
Selamat sore, saya Oktora sihalo dengan nim RSA1C117010, saya ingin bertanya kepada saudari Misna. Mengapa Anda lebih memilih model pembalajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan keaktifan siswa?Terimakasih
BalasHapusSelamat sore, saya Oktora sihalo dengan nim RSA1C117010, saya ingin bertanya kepada saudari Misna. Mengapa Anda lebih memilih model pembalajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan keaktifan siswa?Terimakasih
BalasHapusbaik saudara oktora saya akan mencoba menjawab pertanyaan saudara mengenai mengapa saya memilih model contextual teaching and learning sebagai meningkatkan keaktifan. dimana dalam model ini terdapat kegiatan berdiskusi dan observasi dimana dengan kedua hal ini membuat siswa menjadi aktif dan daya keingintahuannya akan lebih meningkat, sehingga motivasi belajarpun akan selaras dengan hal tersebut. mungkin itulah alasan saya mengambil model CTL tersebut. terimakasih.
BalasHapus